Sejarah

Teknik Mesin Fakultas Teknik UNDIP menyelenggarakan pendidikan Progam Diploma III ( D3 ). Program Studi Diploma III Teknik Mesin diselenggarakan berdasarkan SK No. 363 / DIKT I/ KEP / 1998 tentang Pembentukan Program Studi Diploma III Teknik Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Yang bermula dari APTN ( 1968 ) beralih menjadi ATN ( 1974 ), kemudian beralih pula menjadi FNGT ( 1983 ). Kebijakan yang terakhir ini memaksa fakultas tersebut dihapus dan berubah menjadi Program Diploma sampai saat ini.

Sampai dengan bulan Februari Tahun 2014 Program Studi Diploma III Teknik Mesin menempati kampus di Tembalang. Hampir 80 % kegiatan perkuliahan dan praktikum dilaksanakan di Kampus Tembalang tersebut. Selebihnya untuk kegiatan praktikum menempati laboratorium yang berada di Taman Singosari Pleburan. Sejak bulan Maret tahun 2014 PSD III Teknik Mesin berpindah ke kampus Pleburan, yang berlokasi di Jl. Hayamwuruk no. 4 Pleburan, Semarang. Seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum dilaksanakan secara terintegrasi di kampus tersebut sampai saat ini.

Pada awal tahun 2016 Undip mendirikan Sekolah Vokasi dan seluruh program studi diploma 3 yang ada di Universitas Diponegoro bergabung  di dalamnya. Sampai saat ini Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro memiliki  21 Program Studi Diploma, yang terbagi dalam 4 departemen, yaitu Departemen Teknologi Industri, Departemen Sipil dan Perencanaan, Departemen Ekonomi dan Keuangan serta Departemen Sosial dan Bahasa dengan jumlah keseluruhan mahasiswa pada tahun 2016 adalah sebanyak 5.835 orang. Program Studi Teknik Mesin berada di bawah Departemen Teknologi Industri.