Disiplin

Selain kemampuan akademik, satu faktor penentu yang sangat penting untuk menunjang karir seseorang adalah soft skill. Salah satu dari soft skill tersebut adalah disiplin. Apa artinya disiplin ?

Secara etimologi disiplin berasal dari bahasa Latin “disibel” yang berarti Pengikut. Seiring dengan perkembangan zaman, kata tersebut mengalami perubahan menjadi “disipline” yang artinya kepatuhan atau yang menyangkut tata tertib. Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya termasuk melakukan pekerjaan tertentu yang dirasakan menjadi tanggung jawab.

Pendisiplinan adalah usaha usaha untuk menanamkan nilai ataupun pemaksaan agar subjek memiliki kemampuan untuk menaati sebuah peraturan. Pendisiplinan bisa jadi menjadi istilah pengganti untuk hukuman ataupun instrumen hukuman dimana hal ini bisa dilakukan pada diri sendiri ataupun pada orang lain.

Disiplin diri merujuk pada pelatihan yang didapatkan seseorang untuk memenuhi tugas tertentu atau untuk mengadopsi pola perilaku tertentu, walaupun orang lebih senang melakukan hal yang lain.

Dalam bidang apapun disiplin sangat penting dan dapat menentukan kesuksesan seseorang. Salah satu karakter bangsa Jepang adalah disiplin. Dan terbukti karakter tersebut dapat mengantar mereka menjadi bangsa yang unggul. Perilaku disiplin tidak akan muncul atau begitu saja menjadi karakter seseorang. Disiplin harus dilatih dan dibiasakan mulai sekarang juga. Jadi, tunggu apalagi ? BE DISCIPLINE !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *